PANDUAN MENCARI HARGA MOBIL SEKEN


Mumpung lagi ndak banyak order mijeti tutskibor dari juragan, saya coba berbagi info dari apa yang pernah saya baca mengenai cara menentukan harga mobil seken pada nilai yang wajar.
Materi ini saya dapat  dari majalah autobild. Sangat bagus buat refrensi dan menarik diaplikasikan.

Begini ceritanya:
Beberapa sumber informasi dapat dipergunakan untuk mengetahui harga pasaran mobil seken, dengan melakukan kombinasi diantaranya akan memberikan hasil lebih baik, wajar , madep mantep. Jadi buat Mas yatiman atau Bu Jujuk yang notabene merginal secara pendidikan namun memiliki kapasitas layak diberikan  kredit, jadi bisa tahu, mau di kemanain nih uangnya, jangan jangan tekor ditengah jalan malah di tarik barang nya, dilaporin yang berwajib karena nunggak atau terpaksa harus DPO dari Leasing,,,,kasihan khan.

Nah untuk metode pencarian harga yang masuk akal untuk mobil seken antara lain :

1.IKLAN MEDIA MASSA
Mengacu pada surat kabar yang layak dijadikan refrensi, lokal maupun regional .
-Hubungi penjual yang mobilnya sama dengan keinginan anda/ anda kuasai
-Catat harga yang diminta
-Carilah angka rata-rata dari mobil sejenis yang ada di koran. Angka ini  berkisar 2% - 5% lebih tinggi dari harga seharusnya.

2.PASAR MOBIL BEKAS
Survay, jajan mata juga, yuk maree,  pasti sembari tebar pesona pada  saleswati,  akhir minggu disentra-sentra penjualan mobil bekas/dealer/showroom dituju cari mobil yang diinginkan. Kenapa akhir minggu? Karena kebanyakan cungpret yang nyari mobil seken macam saya bar bisa lega pikiran dan nyantai buat melakukan aktifitas selain gawean, begitu kang.
a.sebagai pembeli
        Dengarkan nilai yang ditawarkan pedagang, kemudian tanya harga pasnya,
        Rata rata pedagang mematok harga 10% dari harga pasaran.
        Lakukan investigasi perbandingan ke beberapa showroom, supaya bisa mencari harga rata-ratanya.

b.sebagai penjual
        Call dealer untuk menawarkan berdasarkan harga pada koran  mobil yg saat ini dituju atau mobil yang akan dijual dan meminta dealer untuk menawar, mobil “hot item” akan ditawar 5% dibawah harga pasar, mobil yang sulit dijual biasanya 15% dibawah harga pasar. Maksute hot item adalah mobil yang laku banget dipasar mobil seken, populer, demand banyak. Jadi bukan karena item apalagi panas,,,

3.SITUS WEB ASURANSI
Browsing saja via gajet, ebook atau komputer kantor ( jgn ketahuan nanti di PHK) alasannya informasi dari web asuransi adalah bahwa  salah satu core business perusahaan asuransi adalah asuransi mobil baru/seken yang bertumpu pada ketepatan penentuan nilai jual mobl bekas karena apabila terlalu tinggi menaksir harga jual akan menyebabkan total loss, asuransi merugi. Bila terlalu rendah, tidak serta merta pendapatan meningkat, karena pendapatan premi turun.

4.MENGHITUNG MATEMATIS
Cara ini bisa dilakukan utnuk menghitung taksiran penjualan untuk mobil relatif baru dengan populasi tinggi di pasar.
a.       Keluar dari show room harga mobil turun 10% atau senilai Bea Balik Nama
b.       Harga dapat tidak jatuh apabila indent mobil barunya panjang dan lama, kondisi ini tidak relevant di kondisi pasar normal.
c.        Bila umur mobil satu tahun harga turun lagi 10%
d.       Tahun tahun berikutnya harga hanya turun 5% per tahun
e.       Mobil eropa rata-rata harganya drop 40%-50%
f.          Mobil jepang rata-rata harganya drop 23%-30%


5.KLUB ATAU KOMUNITAS
Jalur ini akan efektif bila spek yang diinginkan tergolong jarang.
Transaksi jual beli di klub bisa menjadi refrensi.

6.DAFTAR MOBIL BEKAS MAJALAH /TABLOID AUTOMOTIVE (Autobild)
Tingkat akurasi lebih baik daripada bertanya langsung kepada penjual/showroom.

Begitulah , beberapa sudah saya praktekkan dan benar adanya namun, satu lagi yang perlu menjadi daya tawar bila akan membeli mobil seken yakni, kondisi dari mobil itu sendiri.
On the spot wajib dilakukan  untuk memeriksa body, mesin, chasis dan kaki kaki.

Soalnya kalau sudah kebeli, mesin banyak prt dengan harga variatif berdasarkan kualitasnya namun body repair akan lebih banyak memakan biaya....hiks
Kecuali ingin bergaya layaknya Black Pearl, kapalnya Kapten Jack Sparrow- berkarat dan ada kerang kerang an  nempel di pintu2 gitu...wekekeke


Nah setelah madep mantep niatan beli mobil seken, bayar lah, sebagai komitmen positif dan menghindari kita dijuluki penipu serta diteriakin rampok malahan bisa di MONAS kan (thanks for Bung Anas Urbaningrum for this word) , soalnya beli mobil seken kan berperak perak tuh harganya...

Demikian semoga memberikan pencerahan.4l4y...



Sumber : autobild indonesia edisi 188 hal 72

Bias imaji

Comments

Popular posts from this blog

Berteduh Keranjingan Asmara

Proses Takkan Menghianati Hasil

Onlenonlen buat kamu