Kacamata Minus Bu Jujuk

"Orang begitu banyak, nyemut kalo pagi dari pinggir2 jakarta ke lima penjuru angin Jakarta .senin sampai Jumat, pagi mau kerja dan pulang kerja, Sabtu dan Minggu agak tenang.kalo rada siang sedikit kkemmana oranng2 ? Mereka pada ngumpet di ratusan gedung2 tinggi, kantor,apartemen,bar, resto,minimal 10 meter diatas laut.
Tingkat hunian Jakarta sepertinya juga berkurang separuhnya di malam hari, terbukti se misalnya mas pukeh yang jualan mi instan dpan sebuah klinik mata, kalo malem pasti tinggal bininya yang jaga warung.mungkin. Mas pukeh pulang. Ka Bogor. Cuman. Soal tarip mah tetep jakarta coret, alias enggak naik biar bartendernya wanita.Esok kembali lagi sesak jakarta mencari kehidupannnya.
Pulang kerja ratarata jam 5 sore, berebutlah kita ,nyang naik angkutan umum berebut agar bisa terangkut.. syukur dapet duduk, nah ..Mas Juned biasanya naik bus, dompetnya dislipin di celana dalem, apek ga tuh uangnya yg. nyopet kalo sukses juga opname.... Lain yang beroda dua, seperti tawon tomcat berebut jalan, sesekali naik trotoar, cihuyyy...biker kampung diibukota ora sopan ora pegel, belum cukup juga? yang ber mobil curi curi jarak legaan sedikit srobot, kalo perlu minggir mepet trotoar alhasil jalan motor mampet sampe ujung.klakson dan ternnak haram keluar dari mulut ...wes jan...
Tapi semuanya pasti minggir kalo patwal dg sirinenya lewat, ngawal penjabat negara. Daripada di omelin upiser mending minggir deh,,
Jadi kita ini masih belum dewasa ya? Ndak diawasi sak karepe dewe, gak di arahin, nyasar...

Sisanya sebagian stay dikantor menunggu malam lengang baru pulang kerumah, buat cungpret skalian ngisi pundilemburan diakhir bulan,lumayan tuh....
Momen indah kesempatan dalam kesempitan jugaa dinikmati jokijoki handal tri in wan yang menyediakan jasa menggenapi jumlah penumpang mobil yg tidak memenuhi regulasi muatan :minim 3 Orang.
Kesempatan ini tak disia siakan Mbah Darsipan. Kadang kalo udah tanggal 5 keatas suka telat ngantor, disinyalir nyari tambahan kwintalan nasi buat manjangin asep dapur. Batin Mbah Darsipan, "lumayan duduk di mobil ac biar jalan macet 2-3 jam tetep adem, dapet bayaran sekalian numpang setengah perJalanan ke rumah. ..".
Simbah Darsipan itu sama statusnya dengan mas Saridin, selalu updated status diatas tgl 5, kata temen saya yg aktip blekberian aktipitas tersebut merupakann habit baru dampak kenaikan BBM bagi yg bergaji 5 koma alias tgl. 5 udah koma.

Ibukota, semakin sibuk value of life and cost of living semakin tinggi.

Pipis mbayar, parkir dimasjid ga aman juga jadi fardhlu bayar keamanan, bertamu ke mall ikutan jajan sing ora ora, apalagi kalau anak pada ngintil, pasti jajan..
Trakhir seingat saya, mati, meningggal, is det, kalo di jakarta ongkosnya lumayan nyuss, sebangsa bisa buat dp motor 200 cc, melas ho...

Mengapa takaran kehidupan di jakarta menjadi demikian luar biasa, kenapa? Karena kita semua yg menciptakan dan mensukseskannya.
Kosumerism di injeksikan di benak kita dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi (Tribute to mbah Surip) mulai dari kamar tidur ruang tamu sampai beranda rumah, intinya nggojog ojogin kita supaya jajan...
Makanya pada kerja dari pingggiraan sampai ke Jakarta, pergi pagi pulang petang bla bla bla,, masih juga senin kemis.
Ga jajan? Emang ada? Minimal arem arem dagangan Tak Teguh lumayan buat ganjel mulut supaya diem. Omong omong arem arem pak teguh lebih gede dari kaliber 21 versi generik nya lontong jawa. Hard covernya tebal dari daun pisang dan berintikan irisan kol sesekali disellipin caberawit buat surprise.
Saya sih sudah menyarankan di patenkan itu arem2 generik sebelum dikloning sama negeri jiran.sayang toh pak...
"Wah bu Jujuk aya aya wae..saya bisa tekor nanti mbayar ujian euro dan iso arem arem ..bangkrut bundas.."Kata pak teguh waktu itu.
Namun gimanapun juga, biarpun harga ikan asin beda jauh sama harga dipantura,disini ada jati diri,yg semoga gak terkuras oleh konsumerisme, disini saya adalah Ibu Jujuk, kalo didusun saya hanyalah jujuk anake pak Pras.
Walaupun nempur Beras dan bumbu dapur tak lagi umum diegokan oleh kartu kredit dan mini market dan jimpitan juga mulai hilang karena ronda sudah di outsourcingkan,kita sejatinya tetep orang kampung yg nyasar di Jakarta.
Jakarta sebuah kampung besar...."

..."Bu jujuk ceritanya sudah? Saya mau pulang. Sudah jam 6 sore.." Mas Bayu menhentikan Jerit hati Bu Jujuk,

"Sebelum pulanng, mana hasil tagihan hari ini Mas Bayu, mau saya entri laporane.."

Bergegas Mas Bayu beringsut menhadap lemari dinding kantor lalu mengambil gembolan uang setoran Jutaan dari balik clana dalemnya dan memberikannya ke Bu Jujuk.."Ketagih semua hari ini Bu..."

" Sedep nih ketagih semua to? Ganteng kamu, cakep kamu mase...hebat ! aman juga bawa uang jutaan ga pake Patwal ya? Lho lecek ini... Tas mu ganti dong, minta sama bagian umum, jadi kalo kehujanan uang-uang ini ora teles maas bayu...enggak basah, bau apek .." Sambil mengendus gembolan uang dari Mas Bayu.

"Wah gak kehujanan kok Bu,saya naik bis hari ini ,uangnya agak lembab soale di simpen di kolor saya. disaster recovery plan, Bu Jujuk. Ledes ini mau saya ggaruk takut ditodong..sip khan Bu..." jelas Mas Bayu.

"Hhah??jadi ini kringet nganu mu????? Hadohh..mitamit mitamit...pantes baau ga karuan..Asem tenan! Tak sunat sunat sunaaaaat gaji mu minggu ini,,nat nat nat...!"

________________________________________
Amigos Sudirman Kav1 jakarta 20-03-2012
17:00 WIB_selamat ulang tahun anakkku.
Fans beratmu-Papa

Best Regards
Sugih Prasetyo
8arudak8anten
cw190scareface
http://sugihprstyo.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Berteduh Keranjingan Asmara

Proses Takkan Menghianati Hasil

Onlenonlen buat kamu